Kamis, 29 Desember 2011

Manusia dan Tanggung Jawab


Pengorbanan adalah contoh kecil bentuk tanggung jawab kita jika kita sudah terikat dengan suatu hal. Menurut saya, pengorbanan adalah rela melakukan apa saja demi suatu hal tersebut.
Di dalam hidup ini, banyak pengorbanan yang harus kita lakukan. Untuk mencapai cita-cita yang kita inginkan, tentunya juga diperlukan pengorbanan dan perjuangan. Selain itu, perjuangan kita juga akan menemui rintangan dan untuk menghadapinya kita harus sabar dan tidak mudah putus asa.
Contohnya juga, untuk meraih cita-cita yang kita inginkan, tentu ada hal lain yang perlu kita korbankan. Jadi sebelumnya, alangkah lebih baik lagi jika kita menetapkan dulu tujuan kita agar tidak menyesal nantinya.
Namun walaupun dalam meraih yang kita inginkan memerlukan pengorbanan dan kesabaran, tapi jika kita sudah mendapatkannya rasanya akan lebih menyenangkan.
Dalam perjuangan kita, kita juga pasti akan menemui kegagalan, namun janganlah langsung merasa putus asa karena dengan kegagalan akan mengajarkan kita untuk menjadi yang lebih baik.
Jadi pengorbanan di sini dikaitkan dengan tanggung jawab kita untuk meraih cita-cita.
Menurut opini saya, selama manusia hidup memang manusia akan selalu menemui yang namanya pengorbanan. Yang harus kita lakukan adalah tetap semangat dan ikhlas dalam menjalani hidup.  


http://dunianopy.com/2009/05/22/hidup-dengan-pengorbanan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar